Banyak perubahan yang dilakukan Kawasaki pada Ninja 150 RR lansiran tahun 2012 ini dibandingkan dengan varian sebelumnya, dan yang paling mencolok adalah bagian desain fairing dan bodi Ninja. Disain bodi dibuat terihat lebih aerodinamis dibandingkan pendahulunya, ini terlihat dari bagian buritan yang terlihat lebih pipih dan disain fairing yang sporty dan terlihat tegas –tapi menurut saya desain varian sebelumnya masih lebih oke-

rrrrr
Kawasaki Ninja RR 2012

Dari segi engine, Kawasaki Ninja 150 RR 2012 ini dibekali dengan engine 150cc, 2 stroke Engine, seri block mesin 1855 silver, KIPS, HSAS, Karburator Mikuni VM 28. Dengan engine bawaan pabrik ini Ninja 150 RR ini dapat melontarkan daya hingga 28.5 PS pada 11000 RPM which is jika dibandingkan dengan tenaga motor 150cc lain seperti Yamaha Vxion tahun 2016 dan CBR 150 tahun 2016 tenaga Ninja RR ini bisa dibilang besar (V-ixion 16,3 Hp ; CBR 150 16,6 Hp) dan torsi maksimum 20 Nm pada 2000 RPM dan sangat responsif. (Sekedar Tips, jika ingin mendapatkan akselerasi maksimal, sebaiknya anda mulai membuka Throttle persis sesaat sebelum kopling terlepas, jika diambil terlalu jauh maka akan terasa kehilangan banyak daya pada saat start). Varian ini memiliki akselerasi yang sangat baik, meskipun Top Speednya tidak terlalu garang, namun sensasi KIPS masih sangat terasa di putaran sekitar 8000 rpm keatas. Dengan kompresi 6,8 : 1 dan tangki yang “hanya” memiliki kapasitas 10.8L  Ninja 150 RR tergolong motor yang boros.

Ninja 150 RR 2012 ini dilengkapi dengan Double Disc Brake ( Depan dan belakang) yang dapat bekerja dengan memuaskan. Motor ini juga sudah menggunakan radiator sebagai sistem pendingin engine.

Ninja 150 RR 2012 juga memiliki suspensi belakang monoshock yang satabil tidak bumping tapi memang agak keras, but its very nice! Suspensi depan juga terasa sangat baik, sedikit lebih empuk daripada yang belakang. Motor ini sangat stabil untuk dikendarai pada kecepatan tinggi, namun tetap safety riding guys! salah – salah kalian bisa ngesot bareng sama ninjanya sekalian. Jok Kawasaki Ninja RR ini bentuknya split jok, joknya keras baik depan ataupun yang belakang.

Disamping besarnya daya engine dan suspensi yang bekerja dengan baik, sebenarnya Ninja 150 RR bukan motor yang nyaman untuk dikendarai, terutama di kota kota besar. Karena posisi berkendara yang memaksa pengendara sedikit merunduk, membuat pengendara cepat lelah, apalagi dalam kodisi macet, itu benar benar menyiksa! Selain itu engine ninja tipe ini mudah sekali panas dan panasnya engine terasa naik ke atas jika kita sedang berhenti di traffic light atau saat lalu lintas sedang macet. Super KIPS pada motor Ninja seri manapun sebenarnya sering mengalami macet dan akibatnya jadi lebih boros.  Satu lagi kekurangan dari pabrikan itu masalah ban. Pabrikan Kawasaki hanya membekali dengan ban IRC -non-tubeless- 90/90 (front) dan 110/90 (rear) yang kalau digunakan pada kecepatan diatas 120 km/jam itu rasanya seperti sudah tidak lengket dengan aspal, “sepatunya” mesti diganti yang lebih bagus biar ada grip lebih.

yyyy

Kesimpulan saya Kawasaki Ninja RR 2 stroke memang memiliki akselerasi yang mantap, handling yang stabil, rem yang pakem, perawatan yang relatif murah dan mudah karena bisa dilakukan sendiri dirumah dan suara khas dari mesin 2 tak yang garing, namun sebagai calon pembeli anda juga harus bersiap dan mempertimbangkan kekurangan dari motor ini, diantaranya boros (apalagi jika anda terbiasa membawa motor cube/moped/bebek) anda akan merasa ada perbedaan yang sangat jauh dalam hal konsumsi BBM belum lagi  oli samping yang harus ditambahkan kira kira dengan konsumsi 2000 km/liter. Selain itu seperti yang saya sudah katakan diawal, Super KIPS sering macet yang disebabkan oleh pemakaian yang hanya sesekali atau bisa juga dikarenakan tipe berkendara anda yang jarang memutar mesin hingga diatas 6000 rpm dan menurut saya motor ini tidak cocok dibawa untuk sehari hari, apalagi untuk anda yang selalu membawa ransel berat karena selain mudah panas ketika terjebak macet, posisi berkendara yang menuntut anda untuk sedikit membungkuk terasa sangat melelahkan.

Sekian informasi dari saya readers, semoga bermanfaat

©Putratanu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s