Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia. Sebagai kota modern, Surabaya memiliki fasilitas publik yang lengkap seperti bandara internasional (Juanda international Airport), stasiun kereta api, serta pelabuhan yang memudahkan wisatawan baik domestik dan mancanegara berkunjung ke ibu kota provinsi Jawa Timur ini. Surabaya memiliki banyak shopping centre, wisata sejarah, wisata religi, dan terdapat festival tahunan sebagai tujuan wisata yang menarik.

Buat readers atau travellers yang memiliki rencana datang ke Surabaya untuk berwisata ataupun urusan bisnis ada hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu mencoba kuliner yang ada disini. Kali ini penulis akan memberikan referensi untuk readers dan travellers tempat makan berdasarkan pengalaman penulis yang low budget, rasa yang enak, dan beberapa review dari penulis ini merupakan culinary review baru yang belum pernah atau jarang ditulis oleh blog blog lainya, cocok untuk kalian yang backpackers berikut ulasanya :

1. Bebek Tugu Pahlawan

Makanan yang pertama saya bahas adalah Bebek Tugu Pahlawan (BTP). Bebek goreng yang rasanya juara ini, letaknya disebelah selatan dari Tugu Pahlawan, tepatnya disebrang pintu masuk Tugu Pahlawan (didepan ruko ruko yang ada bank BCA). Mulai dari Dorce Gamalama sampe Bondan Winarno sudah pernah mencicipi makanan khas Surabaya iniKarena begitu ramainya, warung kaki lima ini menyediakan dua tempat antrian, satu untuk yang makan ditempat dan yang lainya untuk yang memesan dibawa pulang alias dibungkus. Banyak dari kawan mengatakan bahwa yang menarik dari bebek ini adalah sambalnya, namun bagi yang tidak suka pedas kalian juga dapat menikmati seporsi daging bebek yang empuk yang effortless banget buat digigit. Bebek Tugu Pahlawan (BTP) buka mulai dari habis maghrib sampai malam, gatau sampai jam berapa pastinya. Masalah harga affordable kok! ga sampe menggerus kantong dalam dalam.

 

2. Mie Ayam Bandung dan Ronde Pegasus

Bicara mengenai kuliner Surabaya, tentu saja tidak melulu rujak cingur dan lontong balap saja. Di Surabaya terdapat mi ayam favorit saya dan saya yakin menu yang satu ini belum atau tidak banyak blog yang merekomendasikan sebagai salah satu tujuan kuliner dan ini dapat dijadikan salah satu referensi kuliner baru di Surabaya. Lokasi Mie Ayam Bandung dan Ronde Pegasus ini cukup mudah diakses karena berada dipinggir jalan, tepatnya di Jl. Raya Ngagel (dekat bengkel GBT) sebelah kanan jalan jika dari arah pucang. Sebenarnya saya juga tidak terlalu mengerti kenapa diberi nama “Mie Ayam Bandung” padahal penjualnya adalah orang Semarang, dan tempat berjualanya di Surabaya. Mie ditempat ini dibuat sendiri oleh si kokoh penjual yang dijamin 100% kehalalanya dan menariknya adalah mie ini selalu dimasak satu – satu! meskipun itu pesanan dari satu meja yang sama. Harga Mie disini bervariasi mulai dari Rp.15000 an selain mie ayam, terdapat pula Yamie yang bisa juga anda coba. Tempat berjualan Mie ini satu tempat dengan penjual Ronde yang menurut saya dari semua rode terkenal yang ada di Surabaya ini termasuk salah satu yang paling ciamik! edan! saya yakin sekali anda mencoba, anda akan kembali lagi. Harga satu porsi ronde isi lima butir sekitar Rp. 10000. Mie Ayam Bandung dan Ronde Pegasus ini buka setelah maghrib hingga pukul 23.00. Buat readers, kalian harus coba makan disini!

3. Mie Aceh Bang Cen

Buat readers yang ingin mencoba makanan dengan rasa rempah – rempah yang kuat, pedas, dan eksotis di Surabaya ada satu tempat makan yang pas! yaitu Mie Aceh Bang Cen. Mie yang satu ini sudah menjadi langganan saya dari jaman masih kuliah. Sama seperti Mie Bandung yang saya sudah ceritakan sebelumnya, Mie Aceh Bang Cen ini juga merupakan menu yang saya yakin belum atau tidak banyak blog yang merekomendasikan sebagai salah satu tujuan kuliner di Surabaya. Menu ini sangat cocok buat kalian yang menginginkan makanan murah dengan porsi yang lumayan. Hal menarik dari Mie ini adalah penjual sekaligus kokinya itu asli orang Aceh, jadi soal rasa dijamin jempolan! Harga Mie Aceh Bang Cen ini sekitar Rp.10000 pas dengan kantong mahasiswa kan ya? Mie Aceh Bang Cen ini terletak di foodcourt Circle K jalan Nginden Semolo setelah Kampus STIE Perbanas (sederet dengan  STIE Perbanas), sebelah kanan jalan jika dari arah kebun bibit. Selain Mie Aceh, terdapat juga Nasi Goreng Aceh dan Kopi Sanger. Mie Aceh Bang Cen ini baru buka disiang hari sekitar pukul 14.00 hingga dini hari.

4. Depot Ampel

Setelah dari “Bandung” dan “Aceh” sekarang penulis mengajak readers terbang ke “Timur Tengah”. Depot Ampel, merupakan tempat makan yang menyajikan masakan khas Timur Tengah. Meskipun disini travellers tidak akan menemukan menu khas lokal, namun begitu masakan Timur Tengah ini juga  merupakan salah satu kearifan lokal yang ada di Surabaya. Depot Ampel tidak terletak di daerah Ampel, namun terletak di jalan Walikota Mustajab dekat dengan balai kota (disebrang Natasha Skin Care). Tempatnya bisa dibilang kecil, namun untuk urusan rasa tidak perlu khawatir dijamin enak. Pengolahan masakan berbahan dasar kambing disini tidak berbau kambing sama sekali. Menikmati seporsi nasi kebuli dengan sepotong daging kambing yang besar dan empuk merupakan pengalaman makan yang menyenangkan yang bisa anda dapatkan disini. Selain nasi kebuli, nasi briyani, sate sumsum, dan gule kambing, disini terdapat menu kambing oven sebagai menu yang paling direkomendasikan oleh penulis. Depot Ampel buka dari siang hingga malam.

5. Bakso Kepala Sapi

Salah satu jajanan yang paling populer di masyarakat adalah bakso. Hampir disetiap kota di Indonesia anda dapat menemukan makanan berbentuk bulat ini berbahan dasar daging dan dapat disajikan baik dengan lontong maupun nasi, menjadikan bakso makanan favorit banyak orang. Salah satu tempat makan bakso yang sederhana namun tidak pernah sepi dari pengunjung adalah bakso kepala sapi. Bakso ini terletak di daerah Klampis, bersebelahan dengan sop ayam klaten dan Cafe Communal. Seporsi bakso sapi disini berisikan sebelas buah bakso dengan mi putih. Harga seporsi bakso dengan es teh dan nasi disini adalah Rp. 19000 (harga per 2 Mei 2016). Disini anda dapat juga memesan beraneka macam jus buah yang segar sebagai teman makan.

6. Bakso Rindu Malam

Bakso Rindu Malam merupakan bakso Solo yang terdiri atas bakso puyuh, kasaran, bakso halus, bakso keju, dan tahu yang disajikan hangat dalam satu mangkok. Ada yang spesial di tempat ini, yaitu terdapat live music keroncong yang menemani pengunjung selama menyantap hidangan, asik kan? Lokasi bakso Rindu Malam ini berada di ujung jalan Adityawarman (kalau dari arah jalan Ciliwung sebelah kiri jalan) bakso ini juga tidak membuka cabang di lain tempat. Harga satu porsi bakso solo campur adalah Rp. 10000 saja, kalau ditambah dengan sepiring lontong dan segelas es teh menjadi Rp.15000 makanan enak ga harus mahal kan?

7. Lontong Balap Rajawali

Salah satu kuliner Jawa Timur yang terkenal adalah lontong balap. Makanan dengan bumbu petis ini sangat banyak dan mudah ditemui di Surabaya. Salah satu penjual yang sudah cukup lama dan terkenal adalah lontong balap Rajawali. Warung Lontong balap ini terletak disebrang SPBU Rajawali. Masakan dengan bumbu petis ini disajikan dengan sayur tauge hangat dan sate kerang sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan atau makan siang. Sambal di warung ini lumayan pedas, sangat cocok untuk kalian yang hobi dengan makan pedas, namun bagi yang tidak suka pedas ya jangan ditambahkan sambal. Warung ini buka dari jam 06.00 pagi hingga sore.

8. Rawon Setan Embong Malang

Banyak sekali review mengenai tempat makan nasi rawon yang satu ini. Nasi rawon Embong Malang memang merupakan salah satu tempat makan yang terkenal di Surabaya yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Banyak pecinta kuliner dari luar kota datang kemari untuk merasakan nikmatnya seporsi nasi rawon hangat mulai dari orang biasa hingga Bondan Winarno sempat mampir ke tempat ini. Nasi rawon yang satu ini memiliki rasa yang enak dan bagi yang suka buntut disini anda juga dapat memesan rawon buntut yang rasanya sama sama enak. Lokasi nasi rawon ini berada di Jalan Embong Malang (depan JW Marriot / sebelum tahu campur cak Kahar). Terdapat beberapa menu lain selain Rawon, diantaranya nasi campur dan nasi pecel yang menurut penulis rasanya juga tidak kalah enak dan harus dicoba.

9. Sop Kaki Kambing Bang Oya (Khas Betawi)

Jika travellers sedang jalan jalan malam di Surabaya sempatkan waktu mampir di salah satu jajanan kaki lima yang terkenal di Surabaya. Sop kaki kambing Bang Oya terletak di jalan Kedungdoro tepat di dapan Indomaret (sebelah kiri jalan jika anda datang dari jalan Embong Malang). Sop kaki disini terdiridari kikilan, daging empuk, tomat, emping, dan bawang goreng. Kuah sop disini sangat creamy, buttery, gurih, segar, dan sangat refreshing. Selain kaki kambing disini juga terdapat kaki sapi sebagai alternatif bagi yang tidak cocok dengan kambing. Seporsi sop kaki sapi betawi yang sangat lezat  ini dibandrol dengan harga Rp. 36000 per porsi (harga per 27 Mei 2016). Biarpun kaki lima, tempat makan ini memiliki rasa luar biasa. Oh iya, jika mampir kesini jangan lupa berbagi sedikit dari rejeki kalian dengan ibu ibu yang sudah renta yang biasanya ada di depan Indomaret, keep sharing ya guys, ga rugi kok.

10. Tahu Campur Cak Kahar

Tahu campur merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Surabaya. Cukup mudah untuk menemui penjual tahu campur di Surabaya, mulai dari pedagang dengan gerobak keliling, warung kaki lima, hingga restoran restoran. Tahu campur Cak Kahar ini merupakan tahu campur dengan konsep kaki lima (Food Street) yang berlokasi di Jalan Embong Malang (Tepat disebrang JW Marriot). Disini terdapat dua menu makanan yaitu Tahu Campur dan Tahu Tek yang kedua duanya sama enaknya, jika travellers lebih suka makanan yang berkuah silakan pesan tahu campur, jika lebih senang yang keringan bisa memesan tahu tek, dan jika lagi banyak duit, silakan beli dua duanya. Seporsi tahu tek ataupun tahu campur dibandrol dengan harga yang sama yaitu Rp.15000 saja.

11. RM Laksana Jaya

Mau coba berbagai macam masakan khas Jawa Timur? disini tempatnya! Rumah Makan Laksana Jaya ini merupakan salah satu tempat makan yang sudah lama berdiri dan belum banyak blog yang memberikan review mengenai tempat makan ini. Lokasinya terdiri di dua tempat yaitu di jalan Perak Timur dan di daerah Krembangan (dibelakang lontong balap rajawali). Berbagai macam masakan Jawa Timur ada disini, mulai dari sate ayam, sate kelinci, nasi campur, nasi pecel, rawon, sop buntut, es sinom, dan masih banyak lagi yang bisa dicoba. Semua makanan disini memiliki rasa yang diatas rata rata meskipun tempatnya terkesan biasa biasa saja. Harga makanan disini affordable, mulai dari Rp. 9000 (urap urap) hingga beberapa puluh ribu. Ketika jam istirahat kantor dan waktu berbuka puasa (jika bulan ramadhan), rumah makan ini begitu ramai, sehingga kalian harus rela bersabar untuk antri. Buat travellers yang suka dengan citarasa makanan khas Jawa Timur, penulis yakin tempat ini sangat cocok untuk kalian kunjungi. RM Laksana Jaya buka dari pagi jingga pukul 20.00.

12. RM Ayam Goreng Pemuda

Ayam goreng pemuda merupakan salah satu kuliner “legendaris” di Surabaya. Sejak dari penulis masih bocah rumah makan ini sudah ada dan memiliki banyak pelanggan setia. RM Ayam Goreng Pemuda merupakan salah satu tempat makan ayam goreng terbaik di Surabaya, rumah makan yang berlokasi di jalan Tidar ini sangat cocok untuk tempat makan bersama keluarga. Rasa ayam goreng disini sangat berbumbu which is very tasty, rasa pedas sambalnya cukup, namun porsi nasi disini bisa dibilang sedikit. Satu hal yang perlu kalian coba selain menu ayam goreng disini adalah menu paruh gorengnya, itu enak! Harga lima potong ayam goreng (tanpa nasi) sekitar Rp. 99000 an kalo ditambah dengan ongkos parkir motornya jadi pas Rp. 100000 (harga per Ramadhan 2015).

13. Depot Sari

Depot Sari terletak terletak disalah satu bangunan tua peninggalan kolonial belanda di Jalan Karet No 112, berada persis di ujung jembatan merah Surabaya. Depot Sari merupakan salah satu tempat makan yang legendaris di Surabaya karena keberadaanya yang sudah ada sejak jaman belanda. Depot ini kecil namun pelayanan di depot ini luar biasa! pemilik depot Pak Hartono sangatlah ramah dengan pengunjung yang datang sering kali atau bahkan setiap penulis mampir ke tempat beliau, pak Hartono selalu menyempatkan diri untuk mengobrol mulai dari sekedar tanya kabar sampai mengenai kesibukan sehari hari, luar biasa ramahnya. Depot Sari sangat dikenal dengan sop buntut yang luar biasa enaknya dan satu lagi yang istimewa sop buntut ini adalah rendah kolestrol! Anda bisa membuktikan dengan memasukkan es batu pada kuah sop, lalu perhatikan maka anda tidak akan melihat adanya gumpalan gumpalan lemak yang terbentuk, padahal pada umumnya jika anda membiarkan kuah sop menjadi dingin diatas meja makan saja akan terbentuk gumpalan gumpalan lemak yang tebal. Selain Sop Buntut yang luar biasa enaknya disini juga terdapat Rawon merah. Pada umumnya rawon memang memiliki berwarna hitam pekat, namun anda akan mendapatkan rawon yang berwarna merah rasanya pun cenderung manis dan enak sekali. Buat travellers, jika kalian melewati daerah jembatan merah kalian wajib coba makan disini. Depot sari buka dari pagi hingga jam 17.00.

14. Sate Ponorogo Pak Seger

Buat readers dan travellers yang gemar dengan masakan sate, penulis sarankan untuk mampir di Sate Ponorogo Pak Seger, rasanya enak, harga aman, dan buka 24 jam. Sate ponorogo ini memiliki tekstur bumbu kacang yang menurut penulis relatif halus, memiliki rasa rempah (yang kalo menurut penulis mungkin itu kemiri CMIIW) yang unik dan porsi yang lumayan. Disini kalian dapat memesan seporsi (10 tusuk) sate isi daging ayam (full daging) atau dicampur dengan kulit ayam. Untuk harga lima tusuk sate dengan nasi dan es teh, kalian cukup membayar ± Rp. 20.000 saja (harga per September 2016). Lokasi sate pak seger dijalan Pucang Anom Timur, sebelum toko buku Petra Togamas, jika datang dari Gubeng / Kertajaya / RS Dr Sutomo lokasi sate pak seger berada disebelah kiri jalan.

15. Rujak Cingur Cak Durasim

Kurang afdol rasanya jika kita tidak membahas Rujak Cingur sebagai masakan khas surabaya. Kalau travellers datang ke Surabaya dan tidak menyempatkan diri untuk mencoba rujak cingur, berarti anda belum datang ke surabaya namanya.Salah satu penjual rujak cingur favorit penulis adalah “Rujak Cingur Cak Durasim”.Tempat makan ini terletak di daerah Pasar Genteng, daerah yang biasanya dikenal sebagai pusat oleh oleh Surabaya. Menurut penulis, bumbu rujak cingur disini menjadi pembeda dari penjual yang lain, rasa bumbunya termasuk juara. Disini rujak cingur terdiri dari rujak cingur biasa dan yang spesial, bedanya ada di bahan cingurnya, untuk yang spesial merupakan cingur pilihan. harga seporsi rujak cingur berkisar antara Rp. 25000 hingga Rp.35000. Rujak Cingur Cak Durasim buka dari pagi hingga menjelang sore, biasanya pada hari libur rujak cingur akan lebih cepat habis. Selain rujak cingur terdapat menu lain yang bisa travellers coba seperti nasi pecel, gado – gado, lontong mie, rawon, dan lain – lain.

16. Zanggrandi Ice Cream

Sebagai makanan penutup ice ceram merupakan salah satu menu favorit banyak orang. Salah satu tempat makan ice cream yang terkenal di Surabaya adalah Zanggrandi yang sudah ada sejak jaman kolonial belanda tepatnya tahun 1930. Suasana arsitektur gedung tempo doloe menjadikan tempat ini special dan sangat cocok sebagai tempat makan bersama keluarga, kekasih, atau istri muda di akhir pekan. Ice cream disini sangat lembut dan memiliki pilihan rasa yang banyak. Salah satu menu favorit dari penulis adalah Macadonia. Harga ice cream disini bervariasi. Zanggrandi berlokasi di jalan Yos Sudarso (bersebelahan dengan Hotel Garden Palace) buka dari siang hari hingga sekitar pukul 22.00. Apapun menu makan malam travellers, sangat cocok jika ditutup dengan ice cream lembut Zanggrandi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s