SUPERNOVA – AKAR

Berawal dari Wihara Pit Yong Kiong di daerah lawang, perjalanan bodhi pun dimulai. Wihara yang mengajari Bodhi segala hal nantinya. Bodhi menemukan sosok seorang ayah, kakak, teman, dan saudara dalam diri guru Liong, sosok yang juga mengasuhnya sejak bayi.

Suatu hari Bodhi memutuskan untuk meninggalkan wihara tersebut dan memutuskan mencari tau siapa sebenarnya “Bodhi”. Ternyata jauh sebelum hari itu, guru Liong sudah tau akan kepergian Bodhi, guru Liong pun mengijinkanya dengan satu syarat, syarat yang mungkin sampai sekarang dia tidak tau alasanya.

Cerita Bodhi pun dimulai, di tanah antah berantah dia mulai mencari tau siapa “Bodhi” sebenarnya. Dalam perjalanannya Bodhi bertemu orang orang baru yang membawanya lebih jauh dari tanah kelahiranya, bahkan sempat membawanya dekat sekali dengan obsesi jangka pendeknya yang hampir saja dia dapatkan, namun sayangnya gagal! Di Bangkok dia bertemu dengan Kell, pria tampan idaman semua wanita. Kell mengajari Bodhi semuanya tentang Tatto, bahkan seringkali menopang kehidupan Bodhi di Bangkok. “Spaulding & Rogers ‘Revolution’”nya kell menjadi alat pertama Bodhi belajar menjadi seorang seniman Tatto.

Kedekatanya dengan Kell membawanya kedalam petualangan yang baru. Kell adalah orang kedua yang mengajarinya banyak hal setelah guru Liong, dan setelah kematian Kell, Bodhi kembali ketanah kelahiranya.

Di jakarta dia bertemu dengan Bong, anak Punk sejati yang mendefinisikan anarki sebagai hal yang lain.

Dan cerita lain pun dimulai.

©Putratanu

SUPERNOVA – Kesatria, Putri, Bintang Jatuh

Bercerita tentang sebuah dongeng yang pararel dengan dunia nyata, buku Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh sukses membuat saya merasa kagum. Novel ini tidak membiarkan ceritanya berahir romantis seperti Romeo – Juliet, dan itu benar benar ahir yang saya harapkan. Buku ini pertama kali terbit pada tahun 2001, dan merupakan buku pertama dari serial SUPERNOVA.

Reuben dan Dimas pasangan gay yang diceritakan sebagai Ale dan Ferre di dalam buku, yang merupakan pasangan heteroseksual, memulai ceritanya ketika Ferre bertemu dengan seorang “putri” bernama Rana.  Rana adalah seorang reporter yang sudah menikah dan memiliki anak, Suaminya pun dari golongan terpandang. Namun, Rana merasa Ferre adalah yang teristimewa, seseorang yang selama ini dia cari.

Di satu sisi buku ini juga bercerita tentang seorang Diva, ia adalah karakter bintang jatuh. Seorang Pragawati dan pelacur kelas atas yang hanya mau dibayar dengan dolar. Diva adalah seorang wanita cantik, kaya, sangat menghikmahi ilmu, dan tidak terjebak dalam level materi dan fisik. Diva adalah seorang yang luar biasa sempurna. Diva yang bertemu di ahir cerita dengan Ferre memberikan kesan manis pada Ferre, mungkin semanis kue bolu yang dibuatnya.

Kehadiran seorang Bintang Jatuh dalam cerita ini, membuat semuanya menjadi tidak tertebak. Ada banyak sekali kejutan di dalam cerita ini. Romantis, tapi dari sisi yang berbeda, bukan romantisme klasik Romeo – Juliet.

©Putratanu

Tak pernah tau kapan aku mengatakan “jumpa lagi”

Pesawat itu sudah terbang, membawa aku pergi ke kampung halaman. Tak pernah seberat ini sebelumnya untuk kembali. Terasa berat karena tak pernah tau kapan aku mengatakan “jumpa lagi” dengan semuanya. Ada keluarga kecil kedua disini. Menangispun tidak cukup untuk memuaskan rasa ingin bertemu nanti. Ya, sekarang jalan hidup kita sudah sendiri sendiri. Cium peluk hangat kalian adalah segalanya.

©Putratanu

Smada #HalamanDua

oke kita lanjutkan cerita saya tentang guru di smada.

12. bu kurniasih (bu eeng/bk)

bu eeng ini guru bk sekaligus wali kelas saya di kelas X. hmm untuk kriteria wali kelas bu eeng cukup oke lah. peduli sama anak buahnya. hehe. waktu pertama kali ibu ini kesan pertamanya cukup mengejutkan. dia langsung tau plus hafal nama anak buahnya! CENAYANG! bu ini juga sering bantuin anak buahnya buat bayar spp,, jadi gg perlu jau jau turun. makasi ibu guruuu… 🙂

13. bu kunti pertiwi (bu kunti/matematika)

bu kunti,, termasuk pembelian terbaik smada setelah pak sheila~math. bu kunti ga terlalu serius seperti pak samsul, cenderung banyak guyon. eee…. tampaknya ingatan saya tergerus usia ini,, saya suda agak lupa cerita jaman jadul sama bu kunti ini. tapi yang jelas dia guru yang di atas rata rata kok kalo ngajar 🙂

14. Drs. Hirman Pratikno (pak hirman/sejarah)

satu slogan saya buat pak hirman. INGAT PAK HIRMAN, INGAT DEWA BUDJANA!.. jreenngg..jreenngg..

(ampun pak.. hehe). pak hirman ini guru sejarah paling oke di smada (#1). dia mengajar saya waktu kelas X, juga beberapa kali di kelas XII menggantikan guru sejarah saya. pelajaranya seru, paling komunikatif, paling humoris, pokoknya dia juara bertahanya guru mata pelajaran sejarah.tapi saya masi sering di sindir masalah pindah kelas saya (aduh pak ampun pak,, masak udah lulus masi di sindir).

tapi dua jempol buat pak hirman 🙂

15. Drs Hisyam (pak hisyam/ seni)

pak hisam ini sempat mengajar saya 2 tahun di smada, kelas X sama kelas XII. satu kata buat diskripsikan pak hisyam yaitu “diam”. guru yang super sunyi ini sangat sangat jarang bicara.. tapi sekalinya komen pedes kaya cabe

Sebenarnya ga banyak juga sih yang bisa saya tulis tentang bapaknya.. ya karena sikap “diamnya” itu sekalipun dua tahun saya seatap sama bapaknya, jadinya no komen aja deh

16. Drs asmiadji (pak asmiadji/olga)

pak asmiadji

kata kata saya kalo pak asmiadji itu bos smada cukup beralasan. dengan sekali bentak saja, anak anak satu lapangan yang tadinya ga tertib barisnya ketika upacara, langsung tertib. pak ini juga guru olga paling susah di nego. minta ampun kalo uda praktek olga! tapi pak ini 2 kali ngasi bonus sama saya, yang pertama waktu kelas X prakrik touching run, waktu yang mestinya 45 detik, saya yg 47 detik di luluskan. yang ke 2 waktu remidi praktek olga kelas XII, cowok yang laen di suru 3 putaran, saya di beri 2 putaran.

asik.. asik..

pak asmiadji salah satu guru yang paling saya ingat di smada! 🙂

17. Mardiyanto (pak mardi/ TIK)

wah.. buat adek adek kelas, sayang banget kalo kalian gg sempet di ajar pak mardi ini. guru TIK paling canggih ya pak mardi ini. palajaran yang paling mengesankan di kelas pak Mardi ini itu pelajaran corel draw. beuhhh.. kalo pake corel perfect bgt! halus seperti aslinya! tapi sayangnya waktu saya menginjak kelas XII, pak mardi mengundurkan diri. 4 jempol buat pak mardi yang jago deh!

18. Sugeng (pak sugeng/mulok)

hmm.. apa ya yang mesti saya diskripsikan?. guru ini asik, tidak terlalu banyak peraturan, aktif mengajar, nilai lancar. saya sering minta software sama pak yang ini. dia juga sempet ngajar saya 2 tahun, kelas X sama kelas XI. ya wes pokoknya pak ini paling cukup oke lah kalo ngajar. 🙂

19. Noor Handayani Spd (bu nur/pkn)

bu nur ini standar guru deh kyknya. ga ada sesuatu yang mencolok banget. datang-mengajar-selesai.

tugas paling cumak buat persentasi, ulangan paling ya gitu gitu aja, terus apa yang mesti saya komentari? hmm.. tapi guru ini cukup banyak menerangkan di kelas, jadi dengerin aja baek baek, ntar biasanya kalo ulangan keluar soalnya. saya rasa itu saja komentar saya buat bu nur.

20. Deni sensei (sensei deni/jepang)

putih, sipit, nampak seperti jepang asli datang ke indonesia. sensei yang satu ini agak jaim kalo ngajar di kelas,, tapi benernya orang ini keitung orang yang gaul, suka otomotif motor sih terutama.baydewey ampun ya sensei kalo dari kelas X sampe kelas XII ga bisa bhs jepang sama sekali, nol potol wes..

hehe.. tetep jadi orang gaul sensei 🙂

21. Wahyudi (pak wahyudi/ agama islam)

pak wahyudi ini selain guru saya di SMA, juga guru saya di SMP. kok ketemu lagi ya pak??

oke, kita langsung mulai saja, pak wahyudi ini cukup konsisten dalam mengajar, yaaa.. masi keitung mengajar lah..waktu saya di ajar guru ini tidak terlalu banyak aturan, jadi agak sedikit bebas. dia cumak mengajar saya setahun saja, hanya di kelas X. untuk guru agama, saya cukup dapat ilmu dari kelasnya.

makasi bapak 🙂
©Putratanu

I love you, that’s all

WHEN YOU ARE ONLY 5 YEARS OLD, I SAID I

LOVE YOU

YOU ASKED ME: WHAT IS IT?

WHEN YOU ARE 15 YEARS OLD, I SAID I LOVE YOU.

YOU BLUSHED… YOU LOOK DOWN AND SMILE…

WHEN YOU ARE 20 YEARS OLD, I SAID I LOVE YOU.

YOU PUT YOUR HEAD ON MY SHOULDER AND

HOLD MY HAND… AFRAID THAT I MIGHT

DISSAPEAR…

WHEN YOU ARE 25 YEARS OLD, I SAID I LOVE YOU.

YOU PREPARE BREAKFAST AND SERVE IT IN

FRONT OF ME, AND KISS MY FORHEAD SAID:

YOU BETTER BE QUICK, IT’S GONNA BE LATE.

WHEN YOU ARE 30 YEARS OLD, I SAID I LOVE YOU.

YOU SAID: IF YOU REALLY LOVE ME, PLEASE

COME BACK EARLY AFTER WORK.

WHEN YOU ARE 40 YEARS OLD, I SAID I LOVE YOU.

YOU ARE CLEANING THE DINING TABLE AND SAID:

OK DEAR, BUT IT’S TIME FOR YOU TO HELP OUR

CHILD WITH HIS/HER REVISION…

WHEN YOU ARE 50 YEARS OLD, I SAID I LOVE YOU.

YOU ARE KNITTING AND YOU LAUGH AT ME 😀

WHEN YOU ARE 60 YEARS OLD, I SAID I LOVE YOU.

YOU SMILE AT ME 🙂

WHEN YOU ARE 70 YEARS OLD. I SAID I LOVE YOU.

WE SIT ON THE ROCK ING CHAIR WITH OUR

GLASSES ON. I’M READING YOUR LOVE

LETTER THAT YOU SENT TO ME 50 YEARS AGO…

WITH OUR HAND CROSSING TOGETHER…

WHEN YOU ARE 80 YEARS OLD, YOU SAID YOU LOVE ME!

I DIDN’T SAY ANYTHING BUT CRIED… THAT

DAY MUST BE THE HAPPIEST DAY OF MY

LIFE! BECAUSE YOU SAID YOU LOVE ME!!!

PLEASE APPRECIATE YOUR LOVED ONES..

SAY “I LOVE YOU” TO THEM TODAY!

[i love you] means i really care for you……

say it out but not to expect the return or

anything….

[i love you] is because there is a pure thoughts…

that was hoping this magical 3 words… can bring

you happiness and futurity…. .. and because of

having such pure thoughts…. . ppls which have true

heart to a person. give out all their courage to

tell :

I love you 🙂